Recent Comment

PaidVerts
Photobucket
PaidVerts

Wednesday, 24 August 2011

Sejarah Sepeda Mulai Sketsa Hingga Fixie dan Folding

▄▀▄▀▄ .::Sejarah Sepeda Mulai Sketsa Hingga Fixie dan Folding::. ▄▀▄▀▄

SIAPA YG TAK KENAL DENGAN SEPEDA?
KENDARAAN BERODA 2 ATAU 3, MEMPUNYAI SETANG, TEMPAT DUDUK, DAN SEPASANG PENGAYUH YG DIGERAKKAN KAKI UNTUK MENJALANKANNYA.







Spoiler for Fixie:


Belakangan kita sering melihat anak2 muda mengendarai sepeda di jalan raya, berwarna warni dan kalau dilihat secara seksama, kesamaan mereka terletak pada gear dan rem, satu gear & tanpa menggunakan rem, sepeda jenis ini begitu populer sekarang dgn nama fixie, berikut apa dan bagaimana lahirnya sepeda hingga sampai ke desain fixie & folding.

Sejarah awal sepeda sepertinya masih sedikit membingungkan. Beberapa artikel merujuk pada sebuah sketsa sepeda yg diakui buatan Gian Giacomo Caprotti, seorang murid Leonardo Da Vinci sekitar tahun 1490an. Namun keotentikan sketsa ini msh diragukan, dan diteliti oleh pihak sejarah & kebudayaan Italia.


Spoiler for Bike1:
Quote:
Masih ada beberapa pengakuan lain tentang asal usul sepeda
namun sepertinya sampai saat ini, fakta kemunculan sepeda yg cukup diakui adalah pada tahun:





1817: Draisienne


Seorang Jerman bernama Baron Karl von Drais menciptakan Laufmaschine (mesin berlari), yg kemudian dikenal dgn nama Draisienne. Struktur Draisienne hampir seluruhnya terbuat dari kayu, memiliki setang kemudi, namun tdk memiliki pedal utk dikayuh. Pola pergerakan Draisienne sama seperti saat menggunakan otopet ataupun skateboard, yaitu menggunakan kaki yg mengayuh bukan ke pedal, tapi langsung ke tanah (jadi ingat mobil The Flinstones). Von Drais mematenkan ciptaannya pada tahun 1818, dan kemudian lebih dikenal lagi dgn nama Velocipede.


Spoiler for Bike 2:
Quote:
1839

Sepeda pertama yg memiliki mekanisasi putaran roda diciptakan Kirkpatrick MacMillan, seorang pandai besi dri Skotlandia. Teknik pergerakan roda pada sepeda ini hampir sama dgn teknik pd lokomotif kereta uap. Ide MacMillan ini kemudian diimprovisasi olh seorang Skotlandia lain bernama Thomas McCall pada tahun 1860.

Spoiler for Bike 3:



Quote:
1860-1865: Bone-Shaker

Pertama kali sistem Pedal dan Crank diaplikasikan pd sepeda, persisnya pada roda depan. Siapa yg menciptakan sistem ini masih menjadi pertanyaan, karena ada beberapa pihak yg mengajukan klaim atas ide tersebut. Yg jelas, menempatkan pedal pd roda depan terbukti bukan ide yg sempurna, karena akn membuat pengendara sulit mengemudi karena goncangan pd roda akibat kayuhan. Rangka kayu kemudian digantikan oleh besi.
Namun dgn desain yg rigid, rangka & roda besi, serta kondisi jalanan yg berbatu2 pd masa itu membuat sepeda ini dikenal dgn nama Bone-Shaker.


Spoiler for Bike 4:
Quote:
1868

Sepeda pertama yg menggunakan ban karet dan Ball-Bearing digunakan James Moore dalam lomba sepeda yang pertama kali diadakan.

Spoiler for Bike 5:
Quote:
1870: High-Wheeler

James Starley, seorang Perancis menciptakan sepeda pertama yg menggunakan roda depan yg sngt besar, yg dikenal dgn nama Penny-Farthing. Penny-Farthing sebenarnya adalah pengembangan lebih lanjut dari Bone-Shaker. Roda depan yg besar membuat pengendara dpt berjalan lebih jauh untuk setiap rotasinya, dan jg resiko yg besar apabila berhenti mendadak ataupun meluncur pd turunan, karena jatuhnya pasti lebih sakit.

Spoiler for Bike 6:

Sepeda ini sangat populer pada tahun 1880an, dan merupakan sepeda pertama yg mendapat sebutan Bicycle (dua roda). Bagaimanapun, yg menyandang nama Bpk Sepeda Tinggi (High Bicycle/High Wheeler) justru seorang Perancis lain bernama Eugene Meyer, bukan Starley.
Quote:
1874

Sepeda pertama yg menggunakan rantai pada roda belakang diciptakan oleh H.J. Lawson.


Spoiler for Bike 7:


Quote:
1878: Portable Bicycle

W.H.J. Grout mematenkan High Wheeler versi portabel. Beberapa pihak ada yg menyatakan bhw inilah sepeda lipat yg pertama di dunia. Namun sesungguhnya sistem yg diperkenalkan Grout adalah bongkar-pasang (disassemble-able), bkn sepenuhnya sistem lipat.

Spoiler for Bike 8:
Quote:
1885: Safety Bicycle

John Kemp Starley memperkenalkan Rover, sebuah Safety Bicycle sebagai pembaharuan dri High Bicycle yg berbahaya. Model safety bike ini sdh dilengkapi dgn berbagai unsur yg dimiliki sepeda modern.

Spoiler for Bike 9:
Quote:
1893: Folding

Seorang Amerika bernama Michael B. Ryan akhirnya mematenkan sepeda lipat yg sesungguhnya.

Spoiler for Bike 10:


Quote:
1896: Recumbent

Recumbent Bicycle muncul pertama kali. Model Recumbent adalah tipe sepeda dmn pengendara dpt duduk bersandar atau bahkan rebahan. Umumnya sepeda Recumbent memiliki roda dpn lebih kecil dari roda belakang.

Spoiler for Bike 11:
Quote:
1900-1950

Awal abad 20, 1900–1910, popularitas speda tersaingi olh kehadiran teknologi baru bernama mobil. Tahun 1920 & selanjutnya sepeda mulai dianggap sebagai mainan anak2 ketimbang sebuah alat transportasi. Namun diera inilah munculnya sepeda jenis Cruiser.

Spoiler for Bike 12:

Jenis yg terkenal utk ketahanan & jg beratnya ini diperkenalkan oleh Schwinn pada tahun 1933, serta menjadi populer pada 1940-1950. Bentuk Cruiser menyerupai sepeda motor pd masa itu, hanya saja tanpa motor.



Lanjut di bawah gan!

Quote:
1977: Mountain bike

prototipe pertama sepeda gunung dikembangkan oleh marin co. Di san fransisco, as. Produksi massal sepeda gunung diawali pada tahun 1981.

Spoiler for mountain bike:
Quote:
Quote:

FIXIE BICYCLE (Fixed gear)





pada prinsip sepeda fixie adalah sepeda dengan "gear mati" alias fixed gear atau tidal free wheel. Base sepeda ini menggunakan rangka sepeda balap (road bike) dan simple, tanpa gear shift bahkan handle brake (rem).
Sepeda fixie adalah sepeda yang digunakan kaum pengantar pos/koran/majalah, yang biasa dikenal dengan kurir di wilayah amerika, persisnya di new york.



Spoiler for history:


mereka mengalami masalah lead time pada saat mendeliver paket mereka karena kondisi kota new york yang begitu padat.
Makanya mereka memilih sepeda sebagai altrernative, dan hasilnya memuaskan dengan lead time delivery berkurang dan pengiriman yang jauh lebih cepat.

Fixie bike, yang menggunakan fixed gear, akan membuat ayunan pedal terus berputar seiring dengan perputaran roda belakang, sehingga untuk melakukan pengereman, maka si pengendara harus mengurangi putaran pedal dengan cara gaya melawan arah putaran pedal atau biasa disebut dengan sistem "door trape".

Hal ini sangat berbahaya untuk orang yang tidak terbiasa, karena pada saat melewati jalan menurun, maupun berbelok, pedal akan terus berputar dan laju sepeda akan terus melaju dengan kencang.
"biasanya perbandingan gigi (gear ratio) depan dan belakang juga besar".



Spoiler for gear on fixie:

Quote:
▄▀▄▀▄ ★★ T I P S ★★ ▄▀▄▀▄

untuk yang penasaran kepengen punya fixie, sekarang ada alternative, seperti :

a. Biasanya untuk mensiasati penggunaan gear door trape, juga dipasangkan gear free wheel, jadi pada hub belakang ada dua gear di kanan dan kirinya. Satu sisi untuk sistem door trape, sisi lain untuk free wheel

jadi kalo mau nyaman dan aman, tinggal dibalik aja bannya, asal jangan lupa, sebaiknya juga pake ban luar dengan sistem “all direction”

b. Bisa ditambahkan dengan rem depan saja, (ingat sepeda fixie adalah sepeda yang simple, jadi nggak banyak assesoris)

kenapa rem depan saja? Karena rem depan lebih akurat dan cepat untuk memperlambat laju sepeda, selain pada saat kita melakukan rem depan, otomatis berat tubuh akan terdorong ke depan sesuai dengan hukum alam kelebaman. Jadi titik tumpu akan condong ke arah depan, sehingga lebih efektif meredam gaya yang ke arah depan.

Quote:

FOLDING BICYCLE (Lipat)

Spoiler for folding:


banyak yang mematenkan desain sepeda lipat. Mulai dari michael b. Ryan dari amerika serikat. Henry gerard dari perancis. Ia malah menciptakan seli sebagai perlengkapan tempur untuk militer. Pabrikan seli di eropa mulai bermunculan seperti dursley-pedersen (england), faun (england), fongers (holland), peugeot (france), bianchi (italy), leitner (rusia)

Quote:
ERA PD 1 dan PD 2

Spoiler for world war:


perang dunia pertama seli banyak digunakan untuk paratroopers (penerjun payung). Contohnya merk pabrikan inggris bsa (birmingham small arms) ini. Pada perang dunia kedua, pabrikan columbia asal as memproduksi compax untuk keperluan penerjun payung militer. Tapi alih-alih dilipat. Columbia memproduksi frame separated (terpisah)
Quote:
1970-an

Spoiler for 70-an:


produk seli mulai booming di as dan inggris. Salah satu produk as yg paling laku dan populer adalah raleigh twenty stowaway. Diperkenalkan tahun 1971 dan diproduksi sampai tahun 80-an. Produk inilah yg pertama kali mempopulerkan hub bearing, tepatnya sturmey-archer 3-speed hub. Di era ini hampir semua negara di eropa barat mempunyai pabrikan seli. Beberapa diataranya di perancis ada peugeot, italy ada bianchi dan juga graziella dan formicone. Era ini juga dikenal produk seli yg murah meriah dikenal dengan u-frame.
Quote:
ERA 1980-Sekarang

Spoiler for 70-an:
Gimana gan dah ngerti kan seluk beluk sepeda? Sekarang ayo kita simak video clip dari
30 Second To Mars "Kings and Queens"
Selain asik didenger, di videonya ngasih liat komunitas Fixie Rider yg ada di LA.
Cool dah gan pokoknya!




Atau mau liat video clip dari RAN yang terbaru?
Di video clipnya ngeliatin rombongan pesepeda bareng RAN jg sedang bersepeda keliling-keliling jalanan Jakarta loh..
Nah lo tuh, sekarang sepeda emang lagi semarak gan, semoga bukan cuman tren sesaat aja deh. tapi smoga kita emang bisa pake sepeda di setiap aktifitas perjalanan kita





Ayo gan kita ramai2 beralih ke sepeda!!
Selain badan sehat, penggunaan sepeda juga dapat memperlambat Pemanasan Global yang baru-baru ini menjadi pembahasan negara-negara utama di dunia.
Jika sedikit perubahan bisa kita lakukan untuk bumi, kenapa tidak?


...Salam Gowes...


No comments:

Post a Comment

Facebook Comments

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...